Inilah 8 Penyebab Komputer Sering Terkena Virus



Pernahkah Anda memiliki komputer yang terserang virus? Perangkat komputer yang telah terinfeksi virus akan menyebabkan beberapa program, sistem, atau data dalam perangkat tersebut rusak. Hal inilah yang menyebabkan kinerja perangkat menjadi terganggu. Tak hanya itu, komputer yang terinfeksi virus membuat penggunanya menjadi khawatir jika data yang tersimpan di dalamnya bisa hilang atau dicuri. Sebenarnya, ada beberapa penyebab yang membuat komputer Anda mudah diserang virus. Apa sajakah itu? Berikut penyebab komputer sering terkena virus.



8 Penyebab Komputer Terkena Virus



Jika komputer Anda mudah terserang virus, mesikipun telah diatasi dengan berbagai cara, mungkin ada faktor lain yang menyebabkan perangkat mudah terinfeksi virus. Nah, beberapa hal berikut inilah yang bisa menyebabkan perangkat mudah terkena virus.

  1. Mengakses situs ilegal
Situs illegal yaitu situs-situs yang mengandung konten negatif seperti porno atau konten bajakan. Berhati-hatilah dalam memilih situs yang ingin Anda akses. Mengapa? Situs illegal sebenarnya telah dilarang dibuat, akan tetapi tetap dibuat oleh beberapa pihak demi memperoleh keuntungan yang diharapkan.
Situs tak resmi inilah yang rentan terhadap berbagai jenis malware yang bisa menginfeksi perangkat yang Anda gunakan untuk browsing. Salah satu jenis malware yang banyak dimasukkan ke dalam situs tersebut yaitu Trojan Horse. Malware berbahaya inilah yang akan merusak sistem komputer Anda ketika Anda membuka atau mengakses situs illegal tersebut, bahkan mendownload aplikasi dari sebuah situs tida percaya.

  1. Tidak menggunakan antivirus
Meskipun selama ini perangkat komputer Anda terlihat baik-baik saja, bukan berarti antivirus tidak perlu dipasang pada perangkat Anda. Tidak memasang antivirus pada perangkat komputer akan membuat komputer rentan terserang virus karena tidak ada yang menangkalnya. Virus komputer bisa datang darimana saja dan kapan saja, misalnya melalui aktivitas online atau tercolok oleh flashdisk. Jika komputer tidak memiliki antivirus, maka virus akan lebih mudah menyerang dan menginfeksi perangkat, bahkan merusak sistem dan file.

  1. Antivirus tidak pernah diperbarui
Meskipun Anda telah memasang antivirus dalam perangkat komputer, bukan berarti komputer akan terlindungi selamanya. Antivirus yang terpasang harus selalu diupdate ke versi terbarunya secraa berkala. Hal ini untuk meningkatkan kekuatan antivirus tersebut dalam melindungi komputer dari serangan virus. Jika Antivirus yang terpasang tidak pernah di update, maka tidak dapat mengenali virus ganas yang mengancam perangkat Anda.

  1. Jarang Scan Flashdisk
Mungkin Anda salah satu orang yang sering memindahkan file dari flashdisk ke komputer atau dari komputer ke flashdisk. Jika Anda sering mencolokkan flashdisk ke perangkat komputer, jangan lupa untuk menscan flashdisk terlebih dahulu sebelum membuka. Mengapa demikian? Hal ini bertujuan agar virus yang terdapat di dalam flashdisk tidak terbuka dan menyebar ke dalam perangkat komputer. Hal ini sering dilupakan beberapa orang, yang akhirnya membuat komputer mereka terinfeksi virus.

  1. Menginstall aplikasi bajakan
Untuk mendapatkan aplikasi tertentu yang asli, Anda harus mengeluarkan biaya lebih mahal untuk membeli aplikasi tersebut. Hal inilah yang membuat beberapa orang enggan membeli aplikasi yang asli dan memilih menggunakan versi bajakan yang lebih murah. Bahkan beberapa orang mendownload dari situs-situs illegal. Aplikasi bajakan tersebut sangat rentan diselipkan virus di dalamnya. Ketika Anda menginstall aplikasi tersebut, maka secara otomatis virus akan ikut terinstall dan menyebar di dalam komputer.

  1. Menonaktifkan Windows Update dan Firewall
Beberapa pengguna komputer seringkali sengaja menonaktifkan Windows Update dan Firewall. Padahal kedua elemen tersebut sengaja diciptakan Microsoft untuk melindungi perangkat dari serangan virus yang bisa datang darimana saja. Jika Anda mematikan Firewall dan Windows Update, maka komputer cenderung memiliki celah yang dapat dengan mudah dimasuki virus.

  1. Kesalahan dalam menginstall software
Kesalahan dalam menginstall software juga menjadi penyebab komputer sering terkena virus. Meskipun software yang akan Anda install adalah software asli, akan tetapi jika Anda salah dalam proses instalasi, maka akan menciptakan celah keamanan pada software. Hal ini akan menyebabkan virus memasuki software dari celah tersebut, dan menginfeksi software bahkan seluruh sistem komputer. Oleh sebab itu, jika Anda ragu untuk memasang software pada perangkat Anda. Mintalah teman Anda yang ahli untuk menginstallkan software tersebut. Hal ini lebih aman, daripada menginstall sendiri namun tidak paham.

  1. Bermain game online
Jika Anda sering bermain game online pada komputer, pastikan Anda mengakses game online dari situs resminya. Jangan asal bermain game online dari berbagai situs secara sembarangan. Hal ini meningkatkan risiko komputer terserang virus. Banyak hacker yang secara sengaja menyisipkan virus pada game online dan akan menginfeksi perangkat Anda ketika Anda memainkan game tersebut. Data dalam perangkat komputer Anda bisa dicuri atau hilang.

Sudah tahukah, penyebab komputer sering terkena virus. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam menggunakan perangkat komputer. 



Belum ada Komentar untuk "Inilah 8 Penyebab Komputer Sering Terkena Virus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel