Penyebab Smartphone Overheat dan Cara Mengatasinya



Pernahkah Anda mengalami smartphone Anda overheat atau terlalu panas saat sedang digunakan? Overheat atau panas berlebihan pada smartphone tentu membuat penggunanya tidak nyaman saat digenggam. Hal semacam ini hampir terjadi disemua smartphone, hanya saja dengan tingkat overheat yang berbeda-beda. Overheat pada smartphone bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari penggunaan yang salah hingga perangkat yang memang bermasalah. Nah, berikut ini beberapa penyebab smartphone secara umum dan cara untuk mengatasinya!

Penyebab Smartphone Overheat

Setiap perangkat smartphone memiliki pergerakan arus listrik yang akan menimbulkan panas. Panas yang ditimbulkan smartphone pada tingkat tertentu sebanrnya normal. Namun, yang tidak normal ketika smartphone mengalami overheat (sangat panas) yang akhirnya mempengaruhi kinerja perangkat. Overheat yang terjadi pada smartphone bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

  1. Overcharging
Pernahkan Anda lupa mencabut smartphone yang sedang dicharger ketika sudah penuh dan membiarkan hingga berjam-jam dalam kondisi ter-charging? Hal ini bisa menyebabkan smartphone mengalami overcharging atau kelebihan proses pengisian daya. Pengisian daya berlebihan akan membuat smartphone aliran listrik terus menerus, yang akhirnya membuat smartphone menjadi sangat panas.

  1. Digunakan untuk bemain game dalam waktu lama
Overcharging yang kedua bisa disebabkan oleh aktivitas bermain game yang terlalu lama. Ketika digunakan untuk bermain game, sistem perangkat smartphone seperti GPU, CPU, dan RAM bekerja secara bersamaan. Aktivitas sistem yang bekerja secara bersamaan dapat menyebabkan perangkat lebih cepat panas dibandingkan saat Anda hanya mengakses beberapa aplikasi. Bagi Anda yang suka bermain game secara berlebihan, berhati-hatilah smartphone Anda rentan mengalami overheat.

  1. Multitasking
Menggunakan beberapa aplikasi dalam smartphone secara bersamaan juga bisa menyebabkan overheat. Misalnya memutar lagu sambil mengakses browser untuk internetan. Kegiatan ini juga menjadi pemicu smartphone cepat panas atau overheat.

  1. Terinfeksi Malware
Penyebab smartphone mengalami overheat selanjutnya yaitu terinfeksi virus atau malware. Android yang sudah terserang malware cenderung lebih cepat panas atau overheat. Meskipun Anda tidak menggunakan perangkat, namun pihak ketiga (melalui virus) terus mengakses smartphone Anda tanpa Anda ketahui. Akibatnya, smartphone akan terus bekerja dan menjadi panas.

  1. Memakai smartphone saat sedang di charging
Terakhir, overheat smartphone juga bisa disebabkan karena kebiasaan buruk Anda yang memakai smartphone saat sedang di charging. Saat proses pengisian daya, smartphone akan mendapatkan aliran listrik dan ketika Anda menggunakan smartphone dalam kondisi ini, artinya sistem akan bekerja dan membuat panas. Sehingga panas terjadi pada smartphone berasa dari dua hal yaitu pengisian daya dan aktivitas perangkat.

Bagaimana Cara Mengatasi Overheat Smartphone?

Anda bisa mengatasi overheat smartphone dengan beberapa cara berikut ini:

  • Batasi penggunaan smartphone
Jangan terus menggunakan smartphone sepanjang waktu tanpa istirahat. Seperti perangkat komputer yang akan semakin panas ketika digunakan terus menerus. Begitu pula dengan smartphone yang akan mengalami overheat jika Anda terus menggunakannya untuk berbagai aktivitas.
Apapun aktivitas yang Anda lakukan dengan smartphone, batasi penggunaannya. Misalnya, bermain game hanya selama 30 – 60 menit dalam sehari. Matikan smartphone saat tidak digunakan, hal ini bertujuan untuk mengistirahatkan sistem agar tidak bekerja.

  • Matikan smartphone saat di charger
Agar Anda tidak menggunakan smartphone saat sedang dicharger, ada baiknya menonaktifkan perangkat ketika pengisian daya dilakukan. Selain mencegah agar tidak overheat, menonaktifkan smartphone pada saat pengisian daya akan membuat proses charging cepat selesai.

  • Uninstall aplikasi yang berat
Jika smartphone Anda memiliki kapasitas memori yang rendah, jangan menggunakan aplikasi yang memiliki kapasitas besar. Hal ini akan membuat perangkat bekerja keras dalam mengakses aplikasi tersebut, sehingga menyebabkan perangkat mudah panas. Jadi, aplikasi yang Anda unduh dan install untuk smartphone harus disesuaikan dengan kapasitas memori yang dimiliki perangkat. Jika perangkat Anda memiliki aplikasi yang memberatkan smartphone, lebih baik uninstall sekarang juga.

  • Memilih koneksi jaringan yang stabil
Tahukah Anda, koneksi jaringan juga bisa mempengaruhi panas tidaknya smartphone yang Anda gunakan. Koneksi jaringan yang tidak stabil atau lemah, membuat perangkat harus bekerja keras untu menemukan jaringan yang stabil, hal inilah yang akhirnya membuat smartphone mudah panas. Jadi, jika koneksi jaringan Anda sedang tidak stabil saat menggunakan 4G, maka ganti jaringan yang lebih rendah seperti 3G.

  • Gunakan kabel charger milik smartphone Anda
Anda mungkin pernah meminjam chager teman Anda yang berbeda dengan merek smartphone Anda untuk pengisian daya. Setiap charger telah di bekali dengan pengaturan daya yang disesuaikan dengan smartphone. Dan setiap smartphone tentu memiliki kapasitas daya yang berbeda-beda. Ketidakcocokan charger dengan smartphone bisa menyebabkan tegangan tinggi yang membuat perangkat mengalami overheat. Bahkan lebih bahayanya bisa menyebabkan konslet atau terbakar.

Jadi sudah tahukan apa saja penyebab smartphone overheat dan cara mengatasinya. Pakailah smartphone secara bijak agar tidak mudah mengalami berbagai masalah, seperti overheat.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Smartphone Overheat dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel