Kelebihan dan Kekurangan Root Android




Meskipun setiap smartphone telah dibekali dengan keunggulannya masing-masing, namun beberapa orang merasa tidak puas dengan spesifikasi smartphone bawaan pabrik. Akhirnya banyak pengguna yang mengotak-atik smartphone dengan cara illegal. Salah satu caranya dengan melakukan root smartphone. Apa itu root? Adakah dampak positif dan negatifnya? Berikut kelebihan dan kekurangan root Android yang bisa Anda rasakan.

Apa itu Root?

Jika Anda sering melakukan root pada smartphone, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Namun, sebagian pengguna Android mungkin masih merasa asing dengan istilah Root. Root merupakan proses penghilangan batasan yang diterapkan oleh sistem bawaan. Perlu diketahui, bahwa setiap sistem operasi smartphone memiliki batasan tertentu yang menghalangi penggunanya untuk melakukan perubahan sistem atau melanggar ketentuan sistem yang telah diterapkan.
Pembatasan inilah yang membuat pengguna Android dalam mendapatkan berbagai file khusus atau akses ke situs tertentu menjadi dibatasi. Hal inilah yang akhirnya membuat pengguna Android mencari cara untuk bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan tanpa batasan. Salah satu caranya yaitu menghilangkan batasan yang telah ditetapkan pabrik dengan melakukan root Android.

Kelebihan dan Kekurangan Root Android

Tujuan melakukan root Android adalah menghilangkan batasan yang diterapkan sistem, sehingga pengguna bisa mendapatkan apa yang mereka mau. Aktivitas root ini memiliki dampat positif sekaligus negatif terhadap perangkat yang digunakan. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan root Android yang bisa Anda rasakan!

  • Kelebihan Root Android
Bagi Anda yang berhasil melakukan root Android, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh:

1.    Ruang penyimpanan bertambah

Smartphone yang berhasil di root akan memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar dari spesifikasi aslinya. Mengapa demikian? Setelah Anda melakukan root pada Android, Anda dapat melakukan penghapusan software bawaan Android yang membuat smartphone penuh (sebenarnya software bawaan tersebut tidak dapat dihapus, jika smartphone tidak di root). Inilah yang akhirnya membuat space memori menjadi lebih besar.

2.    Mampu melakukan kustominasi ROM

Saat Anda melakukan root smartphone, Anda akan berperan layaknya developer yang bisa mengotak-atik perangkat dengan bebas. Anda dapat dengan mudah menghapus dan menambah software ke dalam smartphone sesuai keinginan. Anda dapat melakukan kustominasi ROM seperti mengubah tampilan perangkat, mulai dari tema, font keyboard, lockscreen, dan sebagainya.

3.    Bebas mengunduh aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang tidak dapat diunduh dan diinstall ke perangkat Anda. Namun, ketika Anda melakukan root pada perangkat. Maka batasan tersebut dapat dihilangkan, artinya Anda dapat mengunduh dan menginstall berbagai aplikasi dalam perangkat secara bebas. Anda dapat mengunduh aplikasi baik dari toko aplikasi maupun browser biasa.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan ketika melakukan root pada smartphone Android Anda.

  • Kekurangan Root Android
Selain memberikan beberapa keuntungan, melakukan root juga memiliki sisi negatifnya. Berikut beberapa kekurangan atau bahaya melakukan root android.

1.    Dapat menghilangkan garansi resmi

Melakukan root pada smartphone, artinya Anda telah mengubah smartphone versi pabrikan sesuai keinginan Anda. Saat Anda sudah tidak lagi menggunakan smartphone versi pabrik, maka perusahaan terkait tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi pada smartphone Anda. Hal ini berarti Anda akan kehilangan fasilitas garansi resmi dari pabrik.

2.    Kinerja sistem menjadi terganggu

Kegagalan root dapat menyebabkan kinerja sistem Android terganggu. Tidak semua proses root berhasil dengan lancar. Disaat root tidak berhasil, akan membuat beberapa sistem tidak dapat berjalan. Hal ini akan mengakibatkan perangkat tidak dapat bekerja secara maksimal. Bahkan terjadi kerusakan sistem secara permanen.

3.    Mudah diserang malware

Melakukan root secara tidak langsung telah menghilangkan sistem keamanan pabrikan. Hal ini akan membuat sistem kemanan Android menurun, sehingga mudah diserang malware atau virus. Inilah sebabnya, banyak smartphone hasil root rentan diserang virus dan menyebabkan beberapa file yang tersimpan di dalamnya rusak atau hilang.

4.    Hilangnya update sistem

Android yang telah mengalami root tidak lagi menerima update sistem. Padahal update sistem ini berfungsi untuk meningkatkan keamanan dan kinerja smartphone yang Anda miliki. Jika perangkat tidak lagi mendapatkan akses update secara berkala, maka sistem Android yang lama semakin lama akan semakin menurun kinerjanya. Meskipun Anda dapat melakukan update manual, namun cara ini belum tentu berhasil. Karena perangkat yang sudah di root kerap kali ditolak saat melakukan update sistem.

5.    Beberapa aplikasi tidak berjalan

Terakhir, Android yang telah diroot menyebabkan beberapa aplikasi bawaan tidak dapat berjalan. Contoh yang paling sering terjadi yaitu Bluetooth dan WiFi yang tidak dapat diaktifkan. Hal ini tentunya akan mengganggu proses transfer data yang bisa Anda lakukan dengan Blueetooth.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan root Android yang akan terjadi pada perangkat Anda. Oleh sebab itu, pikirkan kembali jika ingin melakukan root Android

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Root Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel