Inilah 12 Tanda Komputer Anda Terserang Virus



Salah satu hal yang paling menakutkan jika memiliki perangkat komputer adalah virus. Meskipun telah diinstal antivirus, ada beberapa celah keamanan yang membuat virus menyerang perangkat dan menginfeksi sistem. Komputer yang telah terinfeksi virus, tidak dapat bekerja secara optimal. Bahkan berbahayanya, data yang tersimpan di dalamnya bisa rusak atau hilang. Jika komputer Anda mengalami tanda-tanda yang tidak wajar, waspadalah karena bisa jadi komputer Anda telah dimasuki virus. Berikut ini tanda-tanda komputer Anda terserang virus!

Tanda-Tanda Komputer Terserang Virus
Ada beberapa hal tak wajar yang terjadi pada perangkat komputer Anda saat sudah dimasuki virus. Inilah tanda-tandanya:

  1. Memori Komputer Semakin Berkurang
Jika tiba-tiba Anda melihat memori komputer tiba-tiba full, padahal data yang tersimpan tidak banyak. Anda perlu waspada, karena ruang penyimpanan komputer yang tiba-tiba full bisa disebabkan oleh adanya virus yang menginfeksi. Virus yang menyerang komputer akan memakan memori dan membuat memori tiba-tiba penuh, sehingga tidak cukup lagi untuk menyimpan file-file penting.


  1. File Sering Mengalami Corrupt
Tanda-tanda yang kedua yang menunjukkan bahwa komputer terdeteksi terserang virus adalah file seringkali mengalami corrupt. Tak hanya menyerang sistem perangkat, virus ini juga menyerang data-data yang tersimpan dalam komputer. Sehingga menyebabkan file penting yang Anda miliki tidak dapat dibuka atau rusak.

  1. Data Hilang
Tak hanya menyebabkan file rusak, komputer yang telah terinfeksi, juga bisa menyebabkan hilangnya data yang tersimpan. Jika tiba-tiba Anda kehilangan data, padahal tidak pernah menghapus atau memindahkannya, Anda perlu waspada. Kemungkinan besar, perangkat komputer Anda sedang dikendalikan pihak ketiga melalui virus.

  1. Kerja Komputer Menjadi Lemot dan Berat
Pernahkah Anda merasa tiba-tiba komputer menjadi lemot dan terkesan berat saat digunakan untuk membuka program atau digunakan untuk mengetik? Jika Anda sudah menghapus data tak penting dan meng-scan komputer, namun masih tetap lemot, bisa dicurigai bahwa perangkat Anda telah dimasuki virus ganas. Seperti pada point pertama, virus yang menginfeksi perangkat akan memakan memori. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan komputer bekerja dengan lambat atau lemot dan berat.

  1. Komputer Melakukan Restart dengan Sendirinya
Tanda-tanda selanjutnya yang perlu Anda curigai yaitu ketika komputer seringkali melakukan restart sendiri. Jika komputer sering merestart sendiri, biasanya terindikasi telah terinfeksi virus ganas. Awalnya ditandai dengan komputer yangs sering nge-hang, lalu merestart sendiri.

  1. Antivirus yang Terpasang Tidak Berfungsi
Jika virus yang menyerang perangkat Anda cukup ganas, maka bisa menyebabkan antivirus yang terpasang akan mati dan tidak lagi berfungsi mematikan virus yang masuk. Virus yang semakin menyebar dalam komputer baik dalam sistem maupun data, membuat antivirus kewalahan dan akhirnya tidak dapat berfungsi.

  1. Muncul Pop up Pesan Aneh
Komputer yang telah terinfeksi virus, biasanya akan menampilkan pop up aneh yang muncul pada layar monitor. Hal ini tentu akan mengganggu kenyamanan Anda saat bekerja menggunakan komputer. Ditambah lagi ketika Anda mengakses internet, akan ada banyak notifikasi aneh yang muncul di layar komputer.

  1. Muncul File-File Aneh dalam Folder
Selain muncul beberapa pop up yang tidak wajar, virus juga menyebarkan file aneh ke dalam folder perangkat Anda. Jika terdapat file aneh yang tidak Anda kenali, lebih baik segera hapus, karena dikhawatirkan itu merupakan file master virus yang akan membuat sistem perangkat rusak total ketika Anda membuka file tersebut.

  1. Komputer menjadi Berat saat Terhubung Internet
Pernahkah Anda merasakan bahwa komputer yang digunakan untuk browsing mendadak berat dan lemot? Jika Ya, waspadalah karena kemungkinan ada sejumlah virus yang mulai menginfeksi perangkat Anda. Jika tidak segera di atasi, file ini akan merusak sistem komputer secara keseluruhan dan menyebarkan data pribadi Anda secara otomatis melalui jaringan internet.

  1.  Terinstal Antivirus Palsu secara Otomatis
Komputer yang terserang virus ditandai pula dengan adanya antivirus palsu yang secara tiba-tiba terinstall di perangkat komputer. Padahal Anda sama sekali tidak pernah mengunduh dan menginstall antivirus tersebut. Antivirus palsu inilah yang sebenarnya menyebarkan virus.

  1. Adanya File-File Shortcut
File shortcut yang ada di penyimpanan komputer Anda tidak dapat dibuka, artinya file dan program tersebut telah rusak termakan virus. File tersebut bisa saja tersembunyi di dalam virus yang kemungkinan bisa dikembalikan lagi ketika melakukan scanning. Namun, beberapa file kemungkinan juga bisa rusak dan tidak dapat dikembalikan lagi.

  1. Banyak Spam di Email atau Media Sosial
Terakhir, tanda-tanda yang menunjukkan bahwa komputer terkena virus adalah adanya file spam yang dikirimkan pada email maupun media sosial. Jika Anda menerima email aneh dari orang tidak dikenal, berhati-hatilah. Saat Anda menima link tautan baik melalui email maupun pesan di media sosial, jangan sekali-kali mengklik tautan tersebut.

Nah, demikianlah 12 tanda komputer Anda terserang virus. Jika perangkat Anda mengalami tanda-tanda seperti di atas. Pastikan gunakan antivirus yang benar-benar canggih untuk perangkat Anda.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 12 Tanda Komputer Anda Terserang Virus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel