Era Digital: Begini Tren Teknologi Terbaru 2019



Beberapa teknologi baru 2019 sedang populer dan mulai diterapkan di Indonesia. Ini termasuk kecerdasan buatan (AI), data besar, pembayaran digital, blockchain dan omnichannel. Pada 2019, tren teknologi lainnya diprediksi akan terus meningkat secara global.

Direktur Pelaksana Samsung Research Indonesia, Alfred Boediman, mengungkapkan tren teknologi 2019 yang akan berdampak pada Indonesia, salah satu negara dengan potensi ekonomi digital terbesar di Asia Selatan.

Kurangnya kehidupan digital di Indonesia

Salah satu alasan mengapa Indonesia adalah pasar utama untuk investasi Google, Facebook, Amazon dan Alibaba di Indonesia adalah bahwa masih ada kekurangan kehidupan digital di antara masyarakat Indonesia. Peluang, layanan, dan teknologi yang sesuai dengan kondisi pasar ini disajikan. Tidak heran jika Indonesia adalah salah satu pengguna media sosial terbesar di Asia Tenggara, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

"Orang Indonesia begitu sangat menyukai media sosial, jadi semua aplikasi di platform media sosial dan video sangat populer di Indonesia," kata Alfred.

Pada tahun 2018, Indonesia menghasilkan banyak startup yang menggunakan teknologi dan membuat hidup lebih mudah bagi orang-orang. Ini secara langsung mempengaruhi gaya hidup banyak orang, mulai dari kecanduan smartphone hingga komunikasi yang lebih mudah melalui Internet.

Meskipun demikian, menurut Alfred, kekurangan di Indonesia adalah rendahnya kualitas bakat. Meskipun Indonesia memiliki banyak pekerja yang cukup rajin, ini tidak diimbangi dengan kualitas pendidikan dan keterampilan yang sesuai.

Tren Teknologi Terbaru 2019


Meskipun tidak ada perubahan signifikan dari tahun sebelumnya hingga tahun ini, lebih banyak tren teknologi 2019 akan mengganggu pekerjaan dan gaya hidup. Ini termasuk:

1. Otomatisasi robot

Proses otomatisasi robot, seperti pembelajaran mesin, kecerdasan buatan (AI) dan jaringan saraf heuristik, akan tumbuh secara eksponensial. Ini akan memungkinkan perusahaan untuk menggabungkan skenario, meningkatkan pemahaman dan membuat keputusan perkiraan waktu nyata tentang kebutuhan dan perilaku pelanggan.

2. Platform keamanan cyber berbasis cloud

Pelanggaran cybersecurity yang terjadi pada 2018 akan memberikan dorongan baru bagi penyedia keamanan berbasis cloud dengan teknologi terbaru2019. Sistem keamanan cyber berbasis cloud dibuat dengan API terbuka. Dengan kata lain, tim keamanan dapat mengintegrasikan teknologi baru ke dalam platform dengan cepat dan relatif mudah. Ini juga akan memastikan bahwa pengguna mengikuti lanskap ancaman cyber yang berkembang pesat.

3. Infrastruktur model layanan (SaaS)

Banyak perusahaan berlangganan beberapa platform cloud dan meningkatkan penggunaan perangkat lunak sebagai layanan (SaaS). Kemampuan pemrograman ujung ke ujung berarti bahwa bisnis akan dapat dengan cepat beradaptasi dengan perubahan lanskap komersial dan menuntut lebih banyak aplikasi dan data mereka.

Belajar secara real time, yang merupakan kebiasaan belajar online di mana saja dan kapan saja. Banyak dari kegiatan ini telah disajikan oleh startup yang menargetkan teknologi pendidikan (edtech). Diharapkan pada tahun 2019, belajar secara informal menggunakan beberapa platform online akan lebih besar lagi.

Kekuasaan bagi orang, peluang dan peluang yang bisa dibuat banyak orang untuk membeli produk. Tidak lagi menggunakan metode tradisional, sekarang mungkin untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa secara online dengan melakukan pembelian pada layanan e-commerce. Proses pencarian juga dapat dilakukan dengan menggunakan mesin pencari, sehingga aktivitas pencarian offline tidak lagi harus diulang.

Akhir dari pekerjaan tetap, artinya di sini adalah jika anda tidak memiliki kemampuan khusus atau ketidakberdayaan.

3. Internet of Things

Setelah 5G mulai diimplementasikan, itu akan memberikan lebih banyak bandwidth untuk mengembangkan Internet of Things (IoT).Ponsel hanya bagian dari jaringan besar perangkat; sensor, tag RFID dan mesin online. Dan dengan AI, jaringan nirkabel akan terus tumbuh dan berkembang.
Kerugian: banyak potensi kerentanan keamanan, masalah privasi, pemahaman pengguna yang terbatas, dll.

4. Blockchain

Blockchain adalah cara yang fantastis untuk melacak informasi dan merampingkan transaksi yang kompleks. Cryptocurrency dapat bertahan dalam banyak bentuk, tetapi teknologi blockchain terbesar yang akan kita lihat pada 2019 dan selanjutnya adalah bisnis besar.

Blockchain adalah teknologi yang sangat fleksibel yang dapat diterapkan di mana saja. Cukup dengan menyebutkan sebagian besar data transaksional seperti keuangan, rantai pasokan, manajemen hak media, Internet of Things, verifikasi identitas, dan sebagainya.

Kekurangan: Bukan teknologi yang mudah dimengerti, tidak standar dan kurang efisien.

5. Realitas virtual / Augmented Reality

Tren teknologi terbaru 2019 adalah VR dan AR. VR dan AR akan meningkat seiring waktu. Realitas virtual telah menjadi pasar utama untuk teknologi ini, tetapi solusi virtual reality dan pemulihan uang juga telah mendapatkan popularitas di bidang pendidikan, pelatihan dan pemasaran.

Apakah Anda mempelajari sejarah, mempraktikkan operasi atau menghancurkan zombie? Anda dapat menggunakan VR dan AR untuk melihatnya lebih dalam dan lebih detail.

Teknologi terbaru 2019, seiring dengan peningkatan teknologi, harga perangkat akan turun dan aplikasi akan menjadi lebih inovatif.

Kekurangan: Masih bisa cukup mahal, agak kaku, dan reputasinya lebih akrab dengan game.

6. Edge Computing

"Edge Computing", kata kunci populer untuk menggantikan "Cloud". Edge Computing mengacu sebuah jaringan dan juga perangkat yang cukup jauh dari cloud, seperti smartphone.

Misalnya, ketika anda bertanya kepada Asisten Google, permintaan anda harus di Upload ke cloud, diproses, dan dikembalikan. Proses menciptakan banyak penundaan, memberi tekanan pada server, mengkonsumsi bandwidth dan memerlukan banyak fitur perangkat untuk terhubung ke Internet.
Dengan perangkat IoT yang terus tumbuh, ini bisa menjadi jauh lebih cepat, lebih pribadi dan lebih aman untuk menyimpan dan memproses lebih banyak data secara lokal.

Desentralisasi cloud dengan menempatkan lebih banyak penyimpanan dan kapasitas pemrosesan data di tingkat lokal (di lingkungan dan di masing-masing rumah) dapat memakan waktu lama, tetapi sudah ada tanda-tanda bahwa ini akan menjadi trendalam jangka panjang.

Belum ada Komentar untuk "Era Digital: Begini Tren Teknologi Terbaru 2019 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel